Home

Friday, November 29, 2013

Electronic Security - IT Risk and Disaster Recovery Management


Berikut ini beberapa contoh Teknologi security yang bisa di implementasikan pada money bank  :

 Based Systems
Digital Signature
Digital Signature pertama kali diusulkan pada tahun 1976 oleh Whitfield Duffie, di Stanford University. Digital Signature mengubah pesan yang ditandai sehingga siapa pun yang membacanya bisa tahu siapa yang mengirimnya. Penggunaan Digital Signature menggunakan kunci rahasia (private key) yang digunakan untuk menandai pesan dan public key untuk memverifikasi mereka. Pesan dienkripsi dengan private key hanya dapat diverifikasi oleh public key. Mustahil untuk prang yang berbeda mempunyai digital signature yang sama, karena ia adalah satu-satunya orang dengan akses ke private key yang diperlukan untuk membuat digital signature, namun, adalah mungkin untuk menerapkan digital signature untuk sebuah pesan tanpa di enkripsi.

Secure Electronic Transaction (SET)
SET software merupakan standar global untuk pembayaran secure card di Internet, yang digunakan oleh berbagai perusahaan internasional seperti Visa MasterCard, IBM, Microsoft, Netscape Communications Corp, GTE, SAIC, Terisa Systems dan Verisign. SET menjamin keamanan transaksi elektronis secara online yang menggunakan secure card. SET mengadopsi enkripsi public key RSA untuk menjamin kerahasiaan pesan. Selain itu, sistem ini menggunakan sepasang unique public/ private key untuk membuat digital signature. Perhatian utama untuk transaksi tidak hanya untuk menjamin privasi data sewaktu dalam transit, tetapi juga membuktikan keaslian data baik dari sisi pengirim dan penerima yang mengklaim(proses authentication). SET memiliki kemampuan untuk memungkinkan pembayaran tidak hanya yang berbasis kartu. Proses di SET tidak spesifik hanya untuk transaksi kartu karena proses di SET itu generik: otentikasi, sertifikasi, enkripsi, dan sebagainya.

Pretty Good Privacy (PGP)
Pretty Good Privacy (PGP), diciptakan oleh Philip Zimmermann, adalah cryptosystem hybrid yang menggabungkan public key (asimetris) algoritma, dengan private key konvensional (simetris) algoritma enkripsi untuk memberikan menggabungkan kecepatan kriptografi konvensional dengan mengambil keuntungan public key kriptografi.
Kerberos
Kerberos dinamai dari pengawas berkepala tiga dari mitologi Yunani dan Kerberos adalah salah satu yang paling dikenal dari private-key teknologi enkripsi. Kerberos menciptakan paket data dienkripsi, disebut ticket, yang aman mengidentifikasi pengguna. Untuk melakukan transaksi, sistem menghasilkan suatu ticket sewaktu serangkaian pesan berkode membuat pertukaran dengan server Kerberos, yang berada di antara dua sistem komputer. Kedua sistem berbagi private dengan server Kerberos untuk melindungi informasi dari hacker dan untuk menjamin bahwa data belum diubah selama transmisi.

Hardware-Based Systems
Smartcard System
Smartcard System adalah sebuah alat mekanik yang memiliki informasi yang dikodekan pada sebuah chip kecil pada sebuah kartu dan dengan identifikasi berupa algoritma berdasarkan urutan asimetris. Setiap chip pada Smartcard yang unik dan terdaftar ke satu pengguna tertentu, yang membuat mustahil bagi virus untuk menembus chip dan mengakses data rahasia.
MeCHIP
MeCHIP yang dikembangkan oleh ESD terhubung langsung ke “keyboard PC” menggunakan koneksi dipatenkan. Semua informasi yang perlu diamankan dikirim langsung ke MeCHIP tersebut, menghindari mikroprosesor PC rentan klien. Kemudian informasi tersebut ditandatangani dan dikirim ke bank dalam bentuk kode aman. Sebuah saluran, tertutup aman dari klien ke bank diasumsikan dalam kasus ini.

No comments:

Post a Comment